Kain Ceruty Jadikan Penampilanmu Semakin Elegan

  • Dibuat pada Sabtu, 06 April 2019
Kain Ceruty Jadikan Penampilanmu Semakin Elegan

    Bahan merupakan salah satu faktor utama dalam membeli atau menjahit busana muslim, oleh karena itu penting bagi seseorang untuk mengetahui karakteristik dari bahan tersebut . Nah Ensiklohijabpedia kali ini akan membahas salah satu jenis kain yang diminati oleh para muslimah , jenis kain tersebut adalah Kain Ceruty. Yuk kenali lebih lanjut tentang jenis kain yang satu ini.

Deskripsi Kain Ceruty

    Hal menarik dari kain ceruty ini adalah teksurnya yang sangat mirip dengan kulit jeruk, namun kain ini tetap memberikan kesan yang halus saat diraba. Meskipun pada dasarnya kain ceruty merupakan bentuk turunan dari kain sifon, tetapi jenis kain ini lebih elastis dan lembut loh, serta ketika dipakai jenis kain ini akan langsung flowly atau jatuh.   


Ciri Ciri Kain Ceruty

 Berikut ini adalah ciri-ciri khusus yang membedakan kain ceruty dengan jenis kain lainnya :

1.      Memiliki Permukaan yang Mirip dengan Kulit Jeruk

Seperti yang tadi sudah disebutkan,kain ceruti memiliki bagian permukaan mirip kulit jeruk. Sehingga dapat dipastikan bahwa jenis kain ini tidak merata atau halus. Tetapi tak perlu khawatir, kain Ceruti cenderung lebih terasa halus meskipun di dalam jenis kainnya terdapat bintik-bintik kecil.

 

2.      Terdapat Serat yang Membentuk Gelombang

Kain ceruty tampak seperti serat yang membentuk suatu gelombang layaknya kabut dan awan. Hal ini terlihat dengan jelas apabila kain Cerutinya diterawang terlebih dahulu.

 

3.      Bahannya Lembut dan Elastis

Kain Ceruty memiliki bahan yang terkesan lembut dan elastis. Ciri inilah yang membuat banyak orang menyukai jenis kain satu ini. Selain menimbulkan kenyamanan lantaran kelembutannya, jenis kain Ceruti juga sangat elastis dan mudah dibentuk.

 

 

Jenis-jenis Kain Ceruty

 Kain Ceruti

gambar : https://olympics30.com/kain-ceruti/

1.     Kain Ceruty Premium

 Jenis kain ini umumnya digunakan untuk membuat gamis ataupun hijab. Kain ceruty Premium ini memiliki serat yang teksturnya halus dan lembut saat dipegang. Namun sayangnya jika dikenakan, jenis kain Ceruti saat ini sedikit menerawang, akan tetapi tekstur kain yang dimiliki tidak mudah pecah ketika dijahit dan tetap kuat.

 

2.     Kain Ceruti Georgette

Jenis kain ini umumnya digunakan sebagai bahan Jilbab. Teksturnya sangat halus dan mirip dengan kain Ceruti Premium, sehingga jenis kain ini sangat nyaman dikenakan sehari-hari. Di samping memiliki tekstur yang halus, jenis kain ini sangat lentur dan sedikit melar. Selain itu, kain Ceruti jenis ini memiliki bahan yang jatuh dan flowly. Akan tetapi, kain jenis ini tidak mengikuti lekukan tubuh.

 

3.     Kain Ceruty Baby Doll

Jenis kain ini memiliki tekstur bahan yang  tidak mudah kusut, cenderung lentur dan sangat nyaman ketika dipakai. Jenis kain ini juga terkenal sangat lembut, transparan dan tidak mengkilap. Namun sayangnya, jenis kain ini tidak mampu menyerap keringat dengan baik.

 

4.     Kain Ceruti Ultimate

Kain ceruti jenis ini umum digunakan untuk jilbab ataupun pashmina, rok dan juga gamis. Kain jenis ini sangat nyaman untuk digunakan dan dijual dengan harga terjangkau.

 

5.     Kain Ceruti Amunzen

 Jenis kain satu ini banyak digunakan sebagai cadar. Kelebihan dari jenis kain ini adalah sangat mudah menyerap keringat, sehingga saat dikenakan akan tetap sejuk meski kondisi sekitar panas. Selain itu jenis kain ini flowly atau  jatuh saat digunakan. Namun sayangnya jenis kain ini sedikit menerawang.

 

6.     Kain Ceruti Diamond

Nama lain dari kain Ceruti Diamond ini adalah Diamond Italiano. Sifat yang dimiliki oleh jenis kain ini adalah ringan, mudah dibentuk, sedikit melar, sejuk dan tidak licin. Namun, jenis ini memiliki permukaan yang tidak rata.


Kelebihan Kain Ceruty

  •  Memiliki Tampilan Kain yang Elegan

  •  Bahan Kain Semi Premium dan Terjangkau
  •  Bahan Kuat Meskipun Tipis

  •  Tidak Terasa Panas Saat Dikenakan
  •  Mudah Dicuci dan Tidak Mudah Melar

 

Kekurangan Kain Ceruty


1. Saat Disetrika Mudah Mengkerut

Karena Kain ceruti yang sangat tipis , kemampuannya untuk menahan panas tentu saja menjadi berkurang dan akhirnya mudah mengkerut saat disetrika , jadi berhati-hati yah..

2. Mudah Terbawa Angin

Teksturnya yang sangat lembut dan tipis menjadikan jenis kain ini kurang kuat untuk menahan hembusan angin.


Contoh  Busana dari Bahan Ceruty 

 


img-1554528413.jpg


 Foto Instagram : gamisjumbocantiknayala 

 

 

Nah , bagaimana sobat ? sekarang sudah tau kan karakteristik Kain Ceruty ? jadi sebelum kamu  membeli atau menjahit busana muslim, pastikan kamu memilih jenis kain yang tepat  yah.

 

Semoga bermanfaat ..

 

Salam Hangat

House Of Nayala 

Bagikan Pos

Komentar

Najwan
Minggu, 07 April 2019

bermanfaat

Najwan
Minggu, 07 April 2019

bermanfaat

Najwan
Minggu, 07 April 2019

bermanfaat

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi